Tips Perawatan Untuk Ayam Petarung Yang Masih Muda Sebelum Ditarungkan

Untuk membuat ayam bisa bertarung dengan maksimal terutama untuk Ayam Petarung yang masih muda, kita harus melakukan perawatan yang cukup itensif. Perawatan ini sendiri memang sangat penting, selain itu perawatan ini sendiri biasanya dilakukan sedari ayam masih sangat muda dengan memeberi merka pakan yang bergizi banyak agar struktur tulangan serta tumbuh badan sang ayam bisa optimal. Namun bagian terpenting adalah bagaimana cara merawat ayam muda sebelum di adu, dan berikut ini tips-tips nya.

Tujuan perawatan ini sendiri adalah membuat otot dan stamina sang ayam bisa bagus, pertama beri mereka pakan yang mengandung banyak serat seperti jagung serta beras merah. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh sang ayam menjadi kencang dan tidak kebanyakan lemak. Berikut nya sang ayam harus rutin dimandikan serta dijemur ketika pagi hari, hal ini bertujuan untuk membuat bulu-bulu ayam menjadi bagus serta penjemuran bermanfaat untuk membakar lemak yang ada pada ayam.

Di minggu-minggu pertama ini anda bisa memberikan ayam anda jamu racikan sendiri yang terbuat dari gula merah, kunyit, serta telur. Di hari berikut nya anda bisa melakuan uji tanding atau abar dengan ayam lain, namun pastikan lawan abar pertama ini juga merupakan ayam yang masih muda, karena jika melawan ayam tua tentu ayam anda akan kalah dari segi otot. Selain itu pukulan ayam anda akan masih kalah dengan ayam yang lebih tua.

Selain itu jangan melakukan abar terlalu lama cukup 5-10 menit, sebab ayam anda masih belum memiliki nafas yang panjang untuk melakukan abar lebih lama. Setelah melakuan abar perdana ini istirahat kan ayam anda secara penuh selama 2 hari. Lalu ulangi penjemuran, pemberian jamu serta makanan untuk ayam di minggu berikut nya. Setelah dirasa ayam anda sudah sehat anda bisa melakuan abar lagi dengan durasi yang lebih panjang.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menurunkan Ayam Petarung Ke Medan Laga?

Untuk menurunkan ayam anda ke medan pertempuran memang tidak boleh sembarangan, anda harus jeli melihat apakah ayam anda sudah siap atau belum. Ciri utama ayam yang sudah siap untuk diturunkan adalah mereka akan memiliki nafas atau stamina yang kuat. Mereka tidak akan terlihat lelah ketika dilakukan abar dengan durasi yang cukup panjang, selain itu pukulan mereka juga masih keras meski telah di abar dengan waktu yang lama.

Selain itu anda bisa mengecek apakah tubuh ayam anda sudah siap atau belum dengan memegang leher, serta tubuh ayam anda. Jika saat anda memegang bagian itu dan terasa kuat ketika anda putar maka secara fisik ayam anda sudah siap untuk di tarungkan di gelanggang.

Ciri Ayam Petarung Yang Tidak Layak Di Adu

Selain mengetahui ciri ayam siap ditarungkan, anda juga harus paham ciri ayam yang tidak layak untuk ditarungkan. Untuk ayam yang tidak layak tarung, biasanya mereka akan memiliki tulangan yang keropos atau bengkok. Selain itu terdapat 2 lubang minyak di atas brutu mereka. Ayam dengan ciri tersebut sebaik nya tidak ditarungkan karena mereka memiliki kelemahan yang besar dan kemungkinan besar tidak akan bisa memenangkan pertarungan. Demikian artikel mengenai tips perawatan Ayam Petarung yang masih muda, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk merawat ayam andalan anda.